Pages

Tugu yogyakarta Lambang Bersatunya Seluruh Warga

Posted by Unknown on Tuesday, August 20, 2013



Tugu atau menara merupakan sebuah symbol, Tugu Yogyakarta yang berada perempatan jalan Jendral sudirman dan jalan pengeran Mangkubumi didirikan oleh  Hamengkubuwono I setahun setelah berdirinya kraton Yogyakarta, Simbol tugu ini menunjukan bersatunya semangat rakyat dan penguasa dalam melawan penjajah (Manunggaling kawula gusti). 

Pada awalnya tugu Yogyakarta berbentuk silinder yang mengerucut keatas yang dikelilingi pagar yang melingkar dan bagian atasnya berbentuk bulat yang memimiliki ketinggian mencapai 25 meter. Gempa yang mengguncang jogja pada tanggal 10 juni 1867 membuat bangunan tersebut runtuh yang membuat keadaannya berubah. 

Pada tahun 1889 pemerintah belanda merenovasi kembali bangunan tugu jogja, bentuk tugu dibuat persegi pada setiap sisi menunjukan prasati siapa saja yang terlibat dalam pembangunan renovasi tersebut. Bagian puncak dibuat runcing tidak seperti awalnya yang bulat dan saat itu disebut tugu pal putih atau de with peal . Ada pepatah yang digunakan dalam masyarakat jogja “bila kejogja tidak mampir ketugu jogja sama saja belum kejogja”, itu melambangkan bahwa semangat perjuangan masyarakat jogja masih ada dan akan selalu ada.



{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment